Pantai Pandansari (Patehan) - Bantul Yogyakarta

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Pantai Pandansari (Patehan) - Bantul Yogyakarta. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan pantai indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Pantai Pandansari sering disebut juga Pantai Patehan, terletak sebelah barat Pantai Samas. Pantai ini relatif sepi sering digunakan untuk acara kemah atau camping kegiatan pramuka. Secara geografis pantai ini terletak di Gadingsari Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul. Salah satu ikon yang ada di pantai ini adalah sebuah Mercusuar yang berdiri tak jauh dari bibir pantai.

Memandang lautan luas dan hamparan pepohonan cemara udang dari atas ketinggian, dengan suasana lagit yang mulai berwarna kemerahan. Mungkin itu suasana yang dapat digambarkan ketika kita berdiri di atas menara mercusuar yang berada di obyek wisata Pantai Pandansari, Bantul. Terletak beredekatan dengan Pantai Kuwaru, Pantai Pandansimo, dan juga Pantai Gua Cemara. Cukup mengambil arah jalan bantul, dan mengikuti jalan tersebut hingga sampai di perempatan Palbapang. Setelah sampai di perempatan Palbapang, dapat dibagi menjadi dua jalur untuk menuju pantai Pandansari. Yang pertama, tetap lurus menuju arah selatan hingga menjumpai papan penunjuk jalan bertuliskan “Pantai Goa cemara”, kemudian menuju arah tersebut hingga terlihat menara mercusuar dari kejauhan. Pantai Pandansari terletak di samping pantai Goa Cemara tersebut. Yang kedua, dari perempatan Palbapang ambil kanan kemudian mengikuti jalan hingga menjumpai papan petunjuk jalan bertuliskan “Pantai Kuwaru” maupun pantai “Pandansimo”. Setelah itu tinggal mengikuti arah tersebut hingga menjumpai menara mercusuar dari kejauhan. Memang agak sulit karena tidak terdapat papan maupun tulisan yang menunjukkan nama Pantai Pandansari di pintu masuk. Satu-satunya cara yang paling mudah yaitu dengan berpatokan pada menara mercusuar yang sudah terlihat dari kejauhan tadi.

Keunikan dari pantai ini adalah selain mercusuar yang menjulang tinggi ini, pantainya masih bisa dibilang cukup perawan. Belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sini karena pantai ini kalah pamor dengan Pantai Samas di sebelah timur atau pun Pantai Pandansimo di sebelah baratnya. Belum lagi akses ke pantai ini kurang memadai, yaitu jalan untuk menuju ke pantai ini masih rusak. Ciri khusus pantai ini adalah seperti di pantai bagian barat lainnya adalah sedikitnya karang, tingginya ombak, dan pasirnya yang berwarna hitam keabu-abuan. Jangan berharap untuk bersantai di pasir atau berenang di laut bila akan berkunjung ke pantai ini. Pasirnya yang keabu-abuan dengan ombak yang ganas membuat Pantai Pandansari kurang indah bila dibandingkan dengan pantai lain.

Lokasi

Pantai Pandansari sering disebut juga Pantai Patehan, terletak sebelah barat Pantai Samas.

Pantai Pandansari (Patehan) - Bantul Yogyakarta

Aksesibilitas

Pantai yang masih relatif sepi ini terletak di antara pantai Samas dan pantai Pandansimo. Perjalanan sampai pantai ini bisa ditempuh selama 30-45 menit dari Jogja dengan kecepatan rata-rata, arahnya Jl Wahid Hasyim ke selatan hingga ada petunjuk arah Bumi Perkemahan Bantul . Selanjutnya ikuti saja jalan tersebut hingga Bumi Perkemahan Kwartir Bantul akan ada petunjuk berikutnya. Secara geografis pantai ini terletak di Gadingsari Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul.

Setibanya di pantai, sebuah pemandangan pantai yang masih terlihat alami (karena belum banyak wisatawan yang datang) dan juga sebuah Mercusuar yang berdiri tak jauh dari bibir pantai. Sangat sedikit sekali bisa kita jumpai warung atau rumah penduduk, bahkan penjual cendera mata pun tak ada yang berdagang disana.


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Pantai Pandansari (Patehan) - Bantul Yogyakarta, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Pantai Di Yogyakarta

2 comments: