Pantai Slili - Gunung Kidul Yogyakarta

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Pantai Slili - Gunung Kidul Yogyakarta. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan pantai indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Pantai ini termasuk pantai yang kurang terkenal tapi memiliki keheningan dan keindahan yang mengagumkan. Pantai Slili sering disebut dengan Watu Lawang (pintu batu) karena disana ada pulau kecil yang dibawahnya terdapat lorong menyerupai pintu. Terkadang Pantai Slili juga menjadi tempat diadakan pesta laut Sadranan atau upacara Nyadran, yang diadakan setiap tahun sekali pada hari Minggu Pahing menjelang musim tanam.

Pantai Slili selalu terlihat sepi yang mungkin dikarenakan kalah pamor dengan Pantai Sundak, Krakal dan Parang Tritis. Akan tetapi diantara deretan pantai dari Baron hingga Sundak, Pantai Slili lah yang terindah. Dengan suasana sunyinya, pasir putih bersih, ombak yang tak terlalu keras karena terhalang oleh bukit karang dan area tidak terlalu luas, keindahannya bagaikan sebuah sorga dunia yg tersembunyi. Memang bukan sebuah laguna, namun keterasingannya menyesatkan dalam setiap pesona.

Pada musim kemarau, Pantai Slili menjadi salah satu tujuan para petani yang menganggur dan mulai beralih mencari sumber penghasilan dengan mengandalkan surutnya air laut, karena ladang tadah hujan di wilayah tersebut tak lagi bisa ditanami hingga memasuki musim penghujan mendatang. Disebabkan tidak memiliki perahu penangkap ikan, mayoritas dari petani tersebut hanya bisa memanfaatkan surutnya air guna mencari rumput laut, udang dan kerang untuk dikonsumsi atau diperdagangkan.


Lokasi

Pantai Selili terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY.

Pantai Slili - Gunung Kidul Yogyakarta

Aksesibilitas

Pantai Selili terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY. Pantai kecil ini menjadi pembatas antara Pantai Sadranan dan Pantai Krakal. Lokasinya dapat diakses melalui satu akses jalan menuju ke Pantai Sadranan. Pantai ini sangat bersebelahan dengan Pantai Sadranan, hanya dibatasi oleh sebuah bukit dengan villa yang sudah ditinggalkan.


Fasilitas

Pantai ini didominasi oleh karang besar yang memisahkan pantai ini dengan pantai tetangganya, yaitu Pantai Krakal. Ciri khas pantai ini adalah keindahan karang disertai deburan ombak yang tidak terlalu besar, serta lebih menjorok ke arah daratan. Pantai Selili sering disebut penduduk setempat dengan Watu Lawang (pintu batu), karena di sana terdapat sebuah pulau kecil yang dibawahnya terdapat lorong menyerupai pintu. Terkadang Pantai Selili juga menjadi tempat kegiatan sedekah Laut Sadranan atau upacara Nyadran, yang diadakan setahun sekali pada Hari Minggu Pahing menjelang musim tanam.


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Di salah satu sudut pantai, terlihat beberapa wisatawan mancanegara yang sedang menikmati damai kesunyian disana. Untuk pengunjung yang ingin bermalam di Pantai Slili dengan budget terjangkau, terdapat hotel/wisma melati yang bernama Puri Thalasso. Dengan letaknya persis di samping barat Watulawang Adventure Resort, Puri Thalasso mematok harga hanya 60 – 70 ribu untuk satu kamar.

Sekian artikel mengenai Pantai Slili - Gunung Kidul Yogyakarta, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Pantai Di Yogyakarta
0 comments "Pantai Slili - Gunung Kidul Yogyakarta", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment