Pantai Somandeng - Gunung Kidul Yogyakarta

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Pantai Somandeng - Gunung Kidul Yogyakarta. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan pantai indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Pantai Somandeng ini terletak persis di antara pantai Sundak di barat dengan pantai Indrayanti di timurnya. Pantai ini terletak di Desa Tepus, Kelurahan Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung kidul, Yogyakarta. Berbeda nasib dengan kedua tetangganya tersebut, pantai ini sepi pengunjung. Payung-payung berwarna-warni di pasir putihnya nyaris tak berpenghuni. Hanya tampak sepasang turis asing yang sedang menikmati belaian angin dan keindahan suasana pantai ini.

Yang saya suka dari Pantai ini adalah teduhnya, karena sepanjang pantai ini ada pohon Cemara yang mengurangi teriknaya matahari, serta Gazebo yang berjajar dari satu ujung ke ujung yang lain. Di gazebo tersebut kita bisa duduk santai melihat deburan ombak serta menikmati hembusan angin yang sepoi sepoi. Menurut saya, pantai ini termasuk pantai yang lumayan bersih, meskipun ada sampah, itu hanya dedaunan dari pohon yang ada di atasnya.

Pemandangan yang sangat kontras sekali dengan pantai Indrayanti yang berjarak tak lebih dari 50 meter. Pantai ini memiliki daya tarik dimana saat pantai surut Anda bisa melihat batuan karang yang ditumbuhi oleh jenis-jenis rumput laut dan jenis-jenis biota laut lainnya. Di pantai ini juga terdapat pipa-pipa saluran yang fungsinya untuk mengambil air laut untuk tambak yang terletak di sebelah utaranya.

Selain itu di sepanjang pantai terdapat banyak penyedia obat lapar, gazebo tempat bersantai bahkan juga ada penginapannya. Namun ya itu tadi, kurangnya promosi berbanding lurus dengan pengasilan para pengelolanya.

Lokasi

Pantai ini terletak di Desa Tepus, Kelurahan Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung kidul, Yogyakarta.

Pantai Somandeng - Gunung Kidul Yogyakarta

Aksesibilitas

Pantai Somandeng, mungkin nama ini masih asing di telinga kita. Yuph pantai ini memang kurang terkenal dibandingkan pantai pantai di sebelahnya. Di sebelah kiri pantai somandeng ada Pantai Indrayanti, sedangkan sebelah kanannya adalah Pantai Sundak, yang dibatasi oleh tebing/bukit yang tinggi. Berlokasi di daerah Tepus, Gunungkidul untuk menuju Pantai ini sama seperti Pantai Indrayanti, kita harus mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Sundak.


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Pantai Somandeng - Gunung Kidul Yogyakarta, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Pantai Di Yogyakarta
0 comments "Pantai Somandeng - Gunung Kidul Yogyakarta", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment