Pantai Suwuk - Kebumen Jawa Tengah

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Pantai Suwuk - Kebumen Jawa Tengah. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan pantai indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Pantai Suwuk terletak di desa Suwuk, kecamatan Puring, kabupaten Kebumen. Untuk menuju ke lokasi pantai, banyak jalur alternatif yang dapat digunakan. Jika anda dari arah Gombong maka dibutuhkan waktu sekitar 45 menit, namun jika anda berasal dari arah kota Kebumen maka dibutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk menuju Petanahan dan setengah jam berikutnya menuju Pantai Suwuk. Bagi anda yang berasal dari arah timur yang kebetulan sedang melintasi jalan selatan-selatan atau jalan Daendels dari arah Yogyakarta dapat langsung lurus menuju ke Pantai Suwuk

Wisata di Pantai Suwuk ini pada dasarnya tidak berbeda dengan wisata-wisata pantai di Kebumen. Pemandangan pegunungan kapur yang elok memanjang dari utara sampai selatan, dan berbatasan langsung dengan pegunungan dan Pantai Karangbolong. Untuk lebih memanjakan mata anda, alangkah lebih baiknya anda menyewa seekor kuda untuk menyisir eloknya Pantai Suwuk ini. Usai lelah dan puas menikmati pantai, hal menarik lainnya adalah kita dapat menikmati suasana santai dengan beberapa sajian makanan khas yang ada di warung-warung sepanjang pantai. Anda dapat menikmati pecel dan lontong, es kelapa hijau, jangan lupa pula peyek ubur-uburnya dan berbagai jenis peyek lainnya.

Di dalam kawasan ini terdapat pantai yang begitu indah yang dinamai dengan pantai suwuk. Pantai suwuk merupakan pantai laut selatan yang langsung menghadap samudera Indonesia. Pantai ini sejajar dengan pantai-pantai lain yang ada di kabupaten Kebumen seperti pantai petanahan. Namun, di pantai ini mempunyai suatu kelebihan dengan dibatasi oleh Sungai (Kali dalam bahasa jawa) Suwuk yang bermuara di pantai Selatan. Selain itu pantai yang dibatasi oleh pantai karang bolong ini, menyajikan pemandangan pegunungan kapur yang elok memanjang dari utara sampai selatan, dan berbatasan langsung dengan pegunungan. Sehingga jika pengunjung duduk di bebatuan pinggir muara sungai, pengunjung akan dapat melihat pesona pantai dan pemandangan pegunungan yang indah juga muara sungai yang khas.

Dengan areanya yang luas yaitu sekitar 3000 m2 pantai suwuk dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang diunggulkan oleh pemerintah kabupaten Kebumen. Di pantai ini, selain disuguhkan pemandangan pantai yang alami, disini juga terdapat beberapa fasilitas lain untuk menunjang pengembangan dan merangsang minat para pengunjung Pantai Suwuk seperti adanya kebun binatang sederhana yang hanya diisi oleh beberapa jenis burung dan hewan mamalia. Selain itu pada bagian muara sungai yang terletak disebelah pantai suwuk yang menambah pesona dari pantai ini juga digunakan para penghobi mancing untuk menyalurkan hobinya. Dengan duduk dibebatuan pemecah gelombang, para pemancing dapat dengan nyaman memancing.

Pesona pantai Suwuk tidak berhenti di situ saja. Saat musim dingin tiba, di sepanjang bibir pantai yang landai ini pada waktu malam hingga pagi antara jam 00.00-05.00 terkadang pengunjung dapat menemui penyu-penyu yang sedang bertelur.

Dengan beriringnya waktu pengunjung yang semakin banyak, pantai ini mulai dikembangkan oleh pemerintah kabupaten Kebumen. pemerintah kabupaten Kebumen akan membuat pantai suwuk ini seperti kawasan pantai Ancol Jakarta secara bertahap. Dibangunnya pintu masuk yang menyerupai pintu masuk kawasan pantai ancol merupakan salah satu upaya pengembangan wisata tersebut. Pengembangan lainnya terdapat fasilitas permainan, pasar, dan juga joging track. Bahkan tahun 2013 pemerintah kabupaten Kebumen berencana akan membangun jembatan penyeberangan yang menghubungkan Pantai Suwuk, muara kali Suwuk, Pantai Karangbolong dan Gunung Karangbolong agar pengunjung dapat bebas menikmati keindahan pantai dari bibir pantai sampai pegunungan di bukit Karangbolong. Selan itu, dipantai suwuk juga berpotensi dibangunnya areal sirkuit balap motor, lapangan voli pantai, serta arena hiburan pantai.


Lokasi


Pantai Suwuk - Kebumen Jawa Tengah, Foto, Pemandangan, Wisata, Terindah

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Pantai Suwuk - Kebumen Jawa Tengah, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Pantai Di Jawa Tengah
0 comments "Pantai Suwuk - Kebumen Jawa Tengah", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment