Pantai Timang - Gunung Kidul Jogjakarta

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Pantai Timang - Gunung Kidul Jogjakarta. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan pantai indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Pantai Timang adalah salah satu pantai di Gunungkidul, DI Yogyakarta yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Pantai ini berada 8 km sebelum Pantai Siung yang sudah cukup dikenal.

Selain ombak yang dahsyat, kita akan menjumpai para pemancing lobster di pantai ini. Hal yang unik sekaligus menegangkan terlihat di sini. Mereka hanya menggunakan jembatan tali ekstrem untuk memancing lobster.

Pantai Timang terbilang unik karena terdapat batu karang di tengah laut dan sebuah kereta gantung sederhana yang digunakan untuk menyeberang ke karang. Warga setempat membangun kereta gantung untuk mempermudah orang mencapai batu karang. Biasanya, warga menuju batu karang untuk menangkap lobster atau memancing ikan. Katanya, batu karang tersebut memang tempat terbaik untuk mencari lobster.

Untuk menaiki kereta gantung ini, kita harus membayar sebesar Rp. 100.000,-. Awalnya, kereta gantung ini dapat dinaiki secara gratis. Tapi, setelah ada cukup banyak orang yang berkunjung ke pantai ini untuk mencoba “wahana” yang menegangkan ini, para nelayan memutuskan untuk mematok tarif tersebut untuk menambah penghasilan mereka. Hanya saja, walaupun kita membayar, tidak ada asuransi, dan resiko ditanggung sendiri.

Pantai Timang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Sekitar 3 jam perjalanan dari Yogyakarta. Pantai ini terletak diantara pantai siung dan pantai sundak Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi yang relatif terpencil dan akses yang sulit, membuat namanya kurang dikenal warga sekitar. Akan tetapi jika sudah sampai, capek yang dirasa akan terbayar.Di sisi barat kita dapat melihat pantai dengan substrat berbatu terjal, sedangkan di sebelah timur dapat ditemui pantai berpasir seperti pantai di daerah pantai selatan pada umumnya. Di sebelah selatan dapat kita lihat onggokan batu besar yang oleh masyarakat sekitar disebut watu panjang atau batu panjang. Ada pula tali yang menghubungkan batu tersebut dengan daratan, dilengkapi alat sederhana untuk menyeberang. Pantai ini sepertinya belum dikembangkan sebagai obyek wisata. Ini terlihat dari jalan yang menuju pantai Timang yang lumayan berat. Kami harus melewati jalan berbatu sejauh kurang lebih 3 Km. Namun, panorama pantai yang alami dapat dinikmati di sini.

Jalur Utama menuju Pantai Timang :
Kuncinya adalah : Jalur utama Tepus – Jepitu dan mulai masuk jalan kampung di pertigaan depan SD Tepus 4 dusun Gembuk (jalannya agak menurun dan berkelok sedikit).

Wonosari - mulo – mentel – bintaos - Pertigaan desa Tepus ke kiri arah Jepitu (kalau ke kanan ke Pantai Indrayanti-krakal –kukup-baron) – dari pertigaan tepus ini ke arah jepitu dan  k.l. 3 km ada pertigaan (depan SD Tepus IV di dusun Gembuk)  - ikuti jalan semen blok cor  arah ke kanan – sampai dusun Cari – dari dusun CARI masih lurus terus – pantai Timang.

Jalur ke dua menuju Pantai Timang:
Kuncinya adalah : Jalur utama Jepitu – Tepus dan mulai masuk jalan kampung di pertigaan Wingangun /Nangun (pertigaan ini 50 meter  sebelah barat dari pertigaan kalau mau ke pantai Siung)– ambil jalan yang blok cor semen  menuju dusun Danggolo – dari Danggolo lurus saja menuju dusun CARI – dari dusun CARI lurus terus sampai di Pantai Timang.

Lokasi

Pantai Timang - Gunung Kidul Jogjakarta, Foto, Pemandangan, Wisata, Terindah

Aksesibilitas

Fasilitas

Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Pantai Timang - Gunung Kidul Jogjakarta, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Pantai Di Yogyakarta
0 comments "Pantai Timang - Gunung Kidul Jogjakarta", Silahkan Masukkan Komentar: