Pantai Gesing - Gunung Kidul Yogyakarta

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Pantai Gesing - Gunung Kidul Yogyakarta. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan pantai indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Pantai adalah salah satu jenis tempat wisata yang cocok untuk Anda kunjungi saat Anda sedang ingin bersantai bersama keluarga. Tapi masalahnya, kebanyakan pantai sangat ramai saat musim liburan, sehingga sangat susah untuk mendapatkan suasana yang tenang dan santai. Jika Anda ingin bersantai di pantai yang tenang, Anda harus mengunjungi pantai Gesing Gunung Kidul. Pantai ini tidak seramai pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul, karena memang letaknya di daerah yang cukup terpencil, sehingga cukup susah untuk ditemukan. Bahkan, belum banyak papan-papan penunjuk arah ke pantai ini, sehingga biasanya para wisatawan memilih untuk mengunjungi pantai-pantai yang memang sudah terkenal dan komersil saja.

Pantai Gesing terletak di desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Pantai ini tidak terlalu jauh dari Kotagede. Koordinat GPS: S8° 6' 28.71" E110° 28' 6.64" (lihat peta). Jaraknya sekitar 35-40 km, dan jika menggunakan sepeda motor, kira-kira membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai kesana. Jalur yang harus dilalui antara lain adalah Jl Imogiri Timur, Kebon Agung, Selopamioro, dan akhirnya Panggang. Setelah sampai di Panggang, Anda masih harus melanjutkan perjalanan ke arah timur, sampai Anda menemui sebuah pohon beringin besar di utara jalan. Lalu, Anda harus berbelok ke kanan. Letak pantai Gesing sekitar 10 km dari situ. Jalannya cukup bagus, jadi Anda tidak perlu khawatir. Hanya memang, beberapa kilometer sebelum pantai Gesing, kondisi jalannya rusak.

Menemukan pantai yang belum dikomersilkan seperti pantai Gesing memang tidak mudah. Tapi, satu hal yang cukup menguntungkan adalah saat Anda sampai disana, Anda tidak perlu membayar sepeserpun. Bahkan tempat parkir yang resmi pun belum ada. Jadi, pastikan bahwa kendaraan Anda sudah aman terkunci sebelum Anda meninggalkannya. Pemandangan di pantai Gesing cukup menarik. Disana, Anda dapat bermain-main air, atau memancing ikan. Satu hal yang cukup unik dari pantai Gesing adalah adanya daerah dengan air yang dangkal dan batu-batu karang. Disana, Anda dapat mencari ikan hias laut yang biasanya berenang ataupun bersembunyi di batu-batu karang tersebut. Jika Anda berencana untuk mencari ikan hias laut, sebaiknya Anda membawa jaring kecil dari rumah. Jika Anda ingin menikmati pemandangan sekitar pantai Gesing dengan lebih jelas, Anda dapat mendaki tebing yang ada disana. Tapi, pastikan bahwa Anda melakukannya dengan ekstra hati-hati.

Kawasan ini merupakan daerah transmigran Ring I dan berkembang menjadi perkampungan nelayan. Pantai Gesing dikelilingi tebing karang dan berada di bawah di antara tebing-tebing tersebut. Meskipun jalan menuju lokasi agak sempit namun sudah beraspal, 100 meter sebelum sampai bibir pantai jalan menurun tajam namun tetap aman dilalui kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor.

Beberapa fasilitas yang ada di Pantai Gesing yaitu: toilet, masjid, TPI (Tempat Pelelangan Ikan), dan warung makan dengan menu ikan, kepiting, dan udang lobster. Pada musim tertentu menjadi tujuan favorit nelayan daerah lain untuk mencari hasil laut, seperti ikan bawal dan layur, atau udang lobster. Ikan hias dan keong laut bisa kita temukan juga di pantai ini.


Lokasi


Pantai Gesing - Gunung Kidul Yogyakarta, Foto, Pemandangan, Wisata, Terindah

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Pantai Gesing - Gunung Kidul Yogyakarta, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Pantai Di Yogyakarta
0 comments "Pantai Gesing - Gunung Kidul Yogyakarta", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment