Pantai Siung - Gunung Kidul Jogjakarta

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Pantai Siung - Gunung Kidul Jogjakarta. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan pantai indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Batu Karang

Menurut penduduk setempat, dinamakan Pantai Siung karena keberadaan batu karang raksasa yang terletak di sebelah barat dan timur pantai. Bila dilihat dari atas, batu karang ini menyerupai siung atau gigi taring. Sampai sekarang pun batu karang tersebut masih bisa dinikmati sebagai hiasan pantai yang indah ini.

Soal keindahan, jangan ditanya lagi. Pantai yang terletak di pesisir pantai selatan Pulau Jawa ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Di tepi pantainya terdapat rumah-rumah kayu yang bisa digunakan untuk bersantai dan bersandar sembari menikmati hembusan angin pantai yang hangat.

Lokasi Pantai Siung ini diapit oleh tebing-tebing tinggi yang digunakan oleh para pecinta alam sebagai lokasi panjat tebing. Terdapat sekitar 250 jalur panjat tebing di area ini. Jadi bila sobat berlibur di pantai ini, sobat bisa melihat aksi para climber dalam menaklukkan tebing curam disini.


Pengunjung

Selain itu, di sebelah timur pantai tidak jauh dari tebing tersebut terdapat area ground camp, yaitu untuk pengunjung yang ingin bermalam di pantai dengan mendirikan tenda. Disini pengunjung bisa menggelar acara api unggun namun harus tetap memperhatikan lingkungan dan tidak mengganggu habitat penyu seperti yang tertulis di papan peringatan disana.

Tidak jauh dari ground camp ini, terdapat sebuah rumah panggung yang terbuat dari kayu yang bisa digunakan untuk basecamp bila pengunjung tidak membawa tenda untuk bermalam. Biasanya bila malam datang, beberapa kera berekor panjang akan turun ke pantai untuk mencari makan. Pemandangan yang tak boleh sobat lewatkan.

Untuk menikmati kesemuanya itu sobat hanya membayar tiket masuk pantai sebesar Rp 3 ribu per orang. Untuk menuju ke lokasi pantai ini memang tidak mudah. Jalur yang dilewati berupa tanjakan, turunan, belokan tajam namun kondisi jalan yang cukup baik.

Jalur yang paling mudah adalah melalui Yogyakarta - Wonosari - Baron - Tepus. Sedangkan jalur lain yang bisa dilalui tapi sedikit menantang adalah Yogyakarta - Imogiri - Gunungkidul. Jalur kedua ini lebih berat karena kondisi jalan yang berlubang. Jadi tunggu apa lagi, segera berlibur ke Pantai Siung, Gunungkidul Yogyakarta.


Lokasi


Pantai Siung, Gunung Kidul Jogjakarta, Foto, Pemandangan, Wisata, Terindah

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Pantai Siung - Gunung Kidul Jogjakarta, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Pantai Di Yogyakarta
0 comments "Pantai Siung - Gunung Kidul Jogjakarta", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment