Pantai Ngrenehan - Gunung Kidul Jogjakarta

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Pantai Ngrenehan - Gunung Kidul Jogjakarta. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan pantai indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Pantai Ngrenehan adalah satu dari puluhan wisata pantai yang terbentang di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta. Meskipun pantai ini tidak seterkenal dengan wisata pantai lainnya, seperti Baron, Kukup, Krakal, atau Sadeng, Pantai Ngrenehan menyajikan beragam menu wisata pantai yang cukup lengkap dan menarik. Menu wisata tersebut bisa dilihat dari keindahan gugusan batu karang yang terletak di mulut teluk, hamparan pantai berpasir putih, suara-suara hempasan ombak laut selatan di dinding-dinding perbukitan batu karang, berbagai sajian kuliner sea food yang masih segar, hingga pemandangan aktivitas para nelayan di sekitar pantai.

Menurut sejarahnya, nama Ngrenehan merupakan pemberian Raja Demak yang bernama Raden Fatah, putra dari Prabu Brawijaya V. Prabu Brawijaya V sendiri adalah raja Majapahit yang memerintah tahun 1464-1478 M. Konon, suatu ketika Raden Fatah datang ke kawasan ini hendak mencari ayahnya yang melarikan diri bersama dua orang istrinya (Dewi Lowati dan Bondang Surati) karena enggan untuk memeluk agama Islam. Namun, saat tiba di kawasan ini, Raden Fatah tidak menemukan mereka. Akhirnya, ia mengajak para petinggi-petinggi Kerajaan Demak untuk berembuk (musyawarah) tentang bagaimana cara menemukan orang tuanya. Dari peristiwa inilah muncul istilah pangrena yang berarti ajakan. Kata pangrena berasal dari kata reneh yang berarti sini. Kemudian masyarakat di sekitar kawasan ini mengubahnya menjadi ngrenehan yang berarti kemarilah ke sini. Kata reneh yang diberi awalan ng dan akhiran an berarti menunjuk pada suatu tempat, yaitu Pantai Ngrenehan.

Secara fisik, Pantai Ngrenehan tidak jauh beda dengan Pantai Baron. Hanya saja, pantai ini relatif lebih sempit daripada Pantai Baron. Pantai Ngrenehan merupakan pantai teluk dengan luas sekitar 100 m2. Pantai ini diapit oleh dua bukit batu karang yang menjorok ke laut sehingga ombak besar dari arah laut Samudera Hindia tidak secara langsung menghempas ke pantai karena terhalang oleh dua bukit karang tersebut. Pada dinding-dinding tebing bukit batu karang tampak lubang-lubang kecil mirip dengan goa akibat kerasnya hempasan gelombang laut yang datang setiap saat.

Saat memasuki kawasan Pantai Ngrenehan, para wisatawan akan disambut oleh deretan warung makan di sebelah kiri dan kanan jalan. Di antara deretan warung makan tersebut berdiri sebuah bangunan tembok berwarna putih, yakni Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Di ujung sebelah kanan deretan warung makan terdapat sebuah bangunan berbentuk rumah joglo yang merupakan tempat para bakul ikan menjajakan beragam jenis hasil laut yang masih segar untuk para pengunjung.

Lokasi

Pantai Ngrenehan secara administratif termasuk ke dalam wilayah Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Akses

Pantai Ngrenehan terletak kurang lebih 30 km Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, atau sekitar 60 km di sebelah selatan Kota Yogyakarta. Untuk mencapai pantai ini, pengunjung dapat melalui dua jalur utama. Jalur yang pertama adalah Yogyakarta – Gading – Playen – Trowono – Pantai Ngrenehan. Jalur yang kedua adalah Yogyakarta – Kota Wonosari – Paliyan – Trowono – Pantai Ngrenehan. Kedua jalur ini merupakan jalur utama yang biasa digunakan wisatawan maupun masyarakat yang tinggal di daerah pantai.

Moda transportasi yang dapat digunakan untuk mencapai Pantai Ngrenehan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Hanya saja, jika menggunakan kendaraan umum, terutama yang beroda empat, pengunjung diantar hanya sampai di Trowono. Dari Trowono menuju ke lokasi pantai harus menggunakan ojek karena kendaraan umum beroda empat belum tersedia untuk jalur ini.

Tiket

Biaya tiket masuk ke kawasan Pantai Ngrenehan sebesar Rp 3.000,00. Harga tiket ini termasuk biaya masuk ke kawasan wisata Pantai Ngobaran karena satu jalur dengan Pantai Ngrenehan. Jadi, dengan hanya membayar Rp 3.000,00, pengunjung dapat menikamati pesona dua kawasan pantai sekaligus.

Akomodasi dan Fasilitas lainnya

Akomodasi dan fasilitas yang tersedia di kawasan Pantai Ngrenehan di antaranya adalah tempat ibadah (Masjid), Tempat Pelalangan Ikan (TPI), warung makan di sekitar pantai, kamar mandi umum, tempat parkir. Jika ingin membawa pulang oleh-oleh berupa ikan segar, pengunjung dapat mengunjungi tempat penjualan ikan yang menyajikan berbagai macam ikan laut seperti tongkol, tenggiri, kakap, pari, dan lain-lain. Harganya pun cukup terjangkau dan bahkan masih bisa ditawar.

Namun, sangat disayangkan, karena di kawasan pantai ini belum tersedia jaringan listrik dan penginapan sehingga hanya memungkinkan para wisatawan berkunjung ke pantai ini pada siang hari.


Lokasi


Pantai Ngrenehan, Gunung Kidul Jogjakarta, Foto, Pemandangan, Wisata, Terindah

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Pantai Ngrenehan - Gunung Kidul Jogjakarta, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Pantai Di Yogyakarta
0 comments "Pantai Ngrenehan - Gunung Kidul Jogjakarta", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment