Pantai Trisik - Kulon Progo Yogyakarta

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Pantai Trisik - Kulon Progo Yogyakarta. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan pantai indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Pantai Trisik terletak di wilayah Brosot, Kulon Progo, Yogyakarta tepatnya di sebelah timur Pantai Glagah. Pantai Trisik ini telah menjadi pusat penghidupan masyarakat setempat yang berprofesi sebagai nelayan. Tempat pelelangan ikan adalah salah satu tempat yang akan dijumpai ketika memasuki wilayah pantai ini. Di waktu-waktu tertentu, Anda bisa menyaksikan beragam jenis  burung migran di atas langit Pantai Trisik ini.

Pantai Trisik ini adalah salah satu pantai yang menjadi wisata andalan Kab. Kulon Progo. Keindahan panorama alam yang dimiliki Pantai Trisik ketika pagi dan sore hari sungguh begitu mempesona. Di dekat pantai Trisik ada sebuah persawahan dan juga kebun kelapa milik para penduduk sekitar yang terhampar hijau. Pemandangan alam yang ada disini cukup bagus untuk dinikmati oleh penduduk kota yang mungkin merasa bosan dengan aktivitas pekerjaan yang begitu melelahkan.

Di kawasan sekitar pantai, Anda bisa melihat suasana tempat pelelangan ikan, kegiatan para nelayan dan juga kegiatan konservasi penyu. Kegiatan tersebut sebenarnya cukup layak untuk dikembangkan untuk menjadi salah satu alat penarik wisatawan jika memang dikelola dengan serius, kreatif dan inovatif. Akan Tetapi sampai saat ini potensi alam yang ada tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para penduduk setempat. Hal itu terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang tata cara pengelolaan dan manajemen lokasi kawasan pantai wisata. Di kawasan ini anda dapat mencoba untuk menghampiri warung gedheg untuk melepas dahaga.


Lokasi

Pantai Trisik terletak di wilayah Brosot, Kulon Progo, Yogyakarta tepatnya di sebelah timur Pantai Glagah.

Pantai Trisik - Kulon Progo Yogyakarta

Aksesibilitas

Perjalanan ke Pantai Trisik akan terasa menyenangkan dan tak begitu melelahkan meski jaraknya cukup jauh. Jalan menuju pantai ini sangat halus dan minim tanjakan, terdapat pula warung makan di kanan kiri jalan yang bisa menjadi tempat beristirahat bila lelah. Melewati jalur Palbapang dan Srandakan, anda juga akan dapat menikmati pemandangan Sungai Progo ketika melewati jembatan penghubung Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo.

Perjalanan menuju tempat ini sangat mudah. Anda bisa mulai  dari Yogyakarta menuju Kabupaten Bantul ke arah Kecamatan Srandakan. Sesampainya di Jembatan Kali Progo, terus hingga pertigaan Brosot, ambil jalan sisi selatan dan Anda akan menemukan Pantai Trisik yang kondang dengan konservasi penyu milik kelompok "Penyu Abadi".


Fasilitas

Pantai Trisik memiliki kekhasan dibanding pantai-pantai lainnya di Kulon Progo, yaitu suasana pedesaan pesisir yang begitu terasa. Pantai, rumah-rumah warga, gubug-gubug yang menjajakan makanan dan jalan penghubung desa dengan kota terletak saling berdekatan. Beragam aktivitas warga sekitar yang memanfaatkan wilayah pesisir dan laut sebagai sumber penghidupan juga turut meperkuat suasana pedesaan pesisir itu.

Selain itu Pantai Trisik juga memiliki sarana yang memadai seperti warung makan dan toilet yang bersih dan tempat pelelangan ikan. Semakin menarik ketika hamparan sawah dan barisan pohon kelapa seperti menyapa Anda. Sesekali Anda bisa juga melihat petani membajak sawah secara tradisional dengan menggunakan kerbau. Burung Kuntul putih pun ikut meramaikan suasana sawah yang hijau itu.


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Pantai Trisik - Kulon Progo Yogyakarta, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Pantai Di Yogyakarta
0 comments "Pantai Trisik - Kulon Progo Yogyakarta", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment