Pantai Parangkusumo - Bantul Yogyakarta

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Pantai Parangkusumo - Bantul Yogyakarta. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan pantai indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Salah satu objek wisata alam yang ada di jogja yang tidak kalah menariknya dengan wisata alam pantai jogja yang lain. Lokasinya di Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 30 km di sebelah selatan kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo ini juga berdampingan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Wisatawan bisa menikmati suasana pantai selatan di Pulau Jawa dengan ombak yang besar. Di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah petilasan yang dipercayai sebagai jejak sejarah dari Panembahan Senopati. Pada cerita masyarakat Yogyakarta ada sebuah legenda tentang pertemuan Panembahan Senopati dan Kanjeng Ratu Kidul. Setiap tahunnya, Kraton Yogyakarta menyelenggarakan sebuah upacara labuhan di pantai ini, dan bertepatan dengan peringatan hari kelahiran dari sultan yang berkuasa.

Bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda empat dari Yogyakarta ataupun Bantul. Pantai ini juga dapat dijangkau hanya dengan berjalan kaki jika Anda dari terminal Parangtritis. Karena Pantai Parangkusumo lokasinya berdampingan dengan Pantai Parangtritis, tersedia banyak akomodasi yang ada di sekitar pantai ini.

Pantai Parangkusumo adalah salah satu pantai yang dipandang keramat di kawasan Pantai Parangtritis. Dalam budaya dan tradisi Jawa, pantai Parangkusumo ini dianggap sebagai gerbang utama menuju Kraton Gaib Laut Selatan, sebuah kerajaan Ratu Laut Kidul yang menguasai Laut Selatan (Samudera Hindia). Berbagai acara labuhan, baik dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat maupun dari masyarakat, dilaksanakan di pantai Parangkusumo ini.

Misalnya seperti Upacara Melasti sebagai rangkaian upacara Hari Raya Nyepi yang diperingati oleh umat beragama Hindu. Selain itu juga ada Labuhan Kraton di Parangkusumo sebagai peringatan akan simbol ikatan dan kekuasaan antara Kraton dan penguasa Laut Selatan.

Labuhan di Parangkusumo kepada Kanjeng Ratu Kidul merupakan sebuah ritual yang penting bagi Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ratu Kidul telah berjanji untuk melindungi Panembahan Senopati dan seluruh keturunannya dan Kerajaan Mataram ketika berada dalam kesulitan. Atas dasar nasehat dari Ki Juru Mertani, Panembahan Senopati bermeditasi di Parangkusumo, sebuah pantai kecil di pinggiran Laut Selatan (Samudera Hindia).


Lokasi


Pantai Parangkusumo - Bantul Yogyakarta

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Pantai Parangkusumo - Bantul Yogyakarta, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Pantai Di Yogyakarta
0 comments "Pantai Parangkusumo - Bantul Yogyakarta", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment