Pantai Depok - Bantul Yogyakarta

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Pantai Depok - Bantul Yogyakarta. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan pantai indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Pantai Depok terletak dekat dengan Pantai Parangtritis. Pantai ini termasuk dalam kategori pantai yang asri dan memungkinkan pengunjung dapat menemukan keindahan panorama pantai lainnya yang tidak ada di Parangtritis. Pantai Depok juga mempunyai tanah lapang yang masih ditumbuhi oleh tumbuhan bakau. Saat ini, area bakau ini menjadi sarana parkir kendaraan pengunjung.

Jika ingin langsung menikmati keindahan pantainya, pengunjung harus berjalan beberapa puluh meter dari area parkir. Jika kaki telah merasakan butiran pasir, pengunjung dapat segera melihat pemandangan Pantai Depok yang menyegarkan dan masih sangat asri.

Ombak yang hadir silih berganti menepi dengan suara deburan yang begitu menenangkan telinga. Baiknya, jika sudah melalui lokasi TPI Depok, pengunjung jangan terlalu buru-buru ingin segera sampai di pantai. Luangkan waktu sejenak untuk berhenti dan menikmati pasar nelayan. Suasana tersebut akan lebih kuat jika Anda berkunjung di waktu akhir pekan. Biasanya aktivitas pada akhir pekan akan lebih ramai jika dibandingkan dengan hari biasa.

Beda dengan Pantai Parangtritis, Di Pantai Depok tidak ada delman. Tapi justru ini menjadi keistimewaan tersendiri dari pantai ini. Karena dengan berjalan kaki sambil mendengarkan deburan ombak, pengunjung dapat melihat secara lebih detail untuk menikmati setiap jengkal kawasan pantai yang memiliki panjang sekitar 2 km ini. Jangan melupakan hamparan pasir yang ada di Pantai Depok. Pasir pantai ini biasanya jadi favorit anak-anak. Mereka membuat mainan dengan membentuk mirip dengan istana atau bentuk lainnya dengan menggunakan pasir.

Akses untuk menuju Pantai Depok dapat ditempuh pengunjung dengan melalui jalur yang sama dengan jalur menuju Pantai Parangtritis. Dari pusat Kota Yogyakarta, pengunjung menuju jalan Parangtritis dan terus sampai ke Selatan. Memasuki kec. Kretek, ada rambu-rambu petunjuk menuju arah Pantai Depok dan Parangtritis akan jelas terpampang di pinggir jalan. Akses ini dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan darat, baik umum ataupun pribadi. Jika Anda datang secara berkelompok, lebih baik menyewa mobil di Kota Yogyakarta atau membawa mobil pribadi.

Fasilitas yang ada di objek wisata Pantai Depok ini. Seperti Warung dan restoran yang ada di dekat Tempat Pelelangan Ikan ataupun di bibir pantai disediakan untuk pengunjung yang ingin menikmati hidangan seafood. Patokan harga di warung dan restoran ini relatif terjangkau, berkisar di bawah Rp 15.000,- tiap porsi. Aneka Ragam seafood yang disajikan juga bervariasi. Pengunjung bisa memilih berbagai macam jenis ikan, kepiting, udang, cumi-cumi, bahkan ada juga sirip ikan hiu.

Di antara pantai-pantai lain di wilayah Bantul, Pantai Depok-lah yang tampak paling dirancang menjadi pusat wisata kuliner menikmati sea food. Di pantai ini, tersedia sejumlah warung makan tradisional yang menjajakan sea food, berderet tak jauh dari bibir pantai. Beberapa warung makan bahkan sengaja dirancang menghadap ke selatan, jadi sambil menikmati hidangan laut, anda bisa melihat pemandangan laut lepas dengan ombaknya yang besar.

Nuansa khas warung makan pesisir dan aktivitas nelayan Pantai Depok telah berkembang sejak 10 tahun lalu. Menurut cerita, sekitar tahun 1997, beberapa nelayan yang berasal dari Cilacap menemukan tempat pendaratan yang memadai di Pantai Depok. Para nelayan itu membawa hasil tangkapan yang cukup banyak sehingga menggugah warga Pantai Depok yang umumnya berprofesi sebagai petani lahan pasir untuk ikut menangkap ikan.

Sejumlah warga pantai pun mulai menjadi "tekong", istilah lokal untuk menyebut pencari ikan. Para tekong melaut dengan bermodal perahu bermotor yang dilengkapi cadik. Kegiatan menangkap ikan dilakukan hampir sepanjang tahun, kecuali pada hari-hari tertentu yang dianggap keramat, yaitu Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon. Di luar musim paceklik ikan yang berlangsung antara bulan Juni - September, jumlah hasil tangkapan cukup lumayan.

Karena jumlah tangkapan yang cukup besar, maka warga setempat pun membuka Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang kemudian dilengkapi dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) bernama Mina Bahari 45. Tempat pelelangan ikan di pantai ini bahkan menerima setoran ikan yang ditangkap oleh nelayan di pantai-pantai lain. Saat YogYES berkunjung, tempat pelelangan ini tengah ramai dikunjungi oleh para wisatawan.


Lokasi

Pantai Depok terletak dekat dengan Pantai Parangtritis.

Pantai Depok - Bantul Yogyakarta

Aksesibilitas

Dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat dari kota Yogyakarta atau Bantul. Pantai ini juga dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari terminal Parangtritis sembari menelusuri pantai atau gumuk pasir.


Fasilitas

Pantai depok juga memiliki petugas pantai (lifeguard) maupun Satuan Polisi. Keberadaan mereka cukup menenangkan apabila ada peringatan gelombang laut yang tidak bersahabat dengan wisatawan. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin menginap, mereka dapat menginap di losmen maupun penginapan yang ada di kawasan Pantai Parangtritis maupun Parangkusumo.


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Pantai Depok - Bantul Yogyakarta, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Pantai Di Yogyakarta
0 comments "Pantai Depok - Bantul Yogyakarta", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment