Pantai Baru - Bantul Yogyakarta

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Pantai Baru - Bantul Yogyakarta. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan pantai indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Pantai Baru sejuk sebagaimana Pantai Goa Cemaran dan Pantai Kwaru dengan pohon cemara udang sebagai perindang sepanjang pantai membuat suasana teduh. Pantai Baru memiliki ikon yakni kincir angin, sebanyak 38 kincir angin sebagai pembangkit tenaga listrik bagi aktivitas di wilayah pantai

Pantai baru, pantai ini bisa dikatakan sebagai pantai paling muda di kawasan Yogyakarta. Pantai ini terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya di Dusun Ngentak, Poncosari, Srandakan. Untuk mencapai pantai ini, sangatlah mudah bahkan tidak perlu membuka google maps atau wikimapia. Kalau mau berwisata ke pantai ini, tinggal ikuti Jalan Raya Bantul hingga Palbapang lalu belok ke kanan menuju Jalan Raya Srandakan. Terus saja hingga ketemu Jembatan Kali Progo. Ambil jalan ke kiri tepat sebelum jembatan Progo. Ikuti saja jalan aspal, hingga menemukan plang penunjuk arah Pantai Baru.

Saat ini Pantai Baru yang terletak Pantai Pandan Simo bagian Timur ( berbatasan dengan Pantai Kuwaru ) menjadi tempat wisata pantai yang handal mengingat potensi alam yang sangat menjanjikan, berupa pantai yang teduh, luas, landai, bersih dan nyaman serta terbebas dari polusi udara, sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Secara fisik Pantai Baru terpisah dengan Pantai Pandan Simo ( lama ) dengan batas hutan lindung. Akses menuju Pantai Baru juga relatif mudah bagi kendaraan bermotor maupun bus-bus pariwisata. Terdapat tempat parkir yang memadai bagi kendaraan-kendaraan pengunjung.

Panjang Pantai Baru lebih kurang 4000 m, mulai dari Pantai Kuwaru sampai muara Sungai Progo. Pantai Baru sebenarnya sudah terkenal sejak lama, karena di daerah tersebut terdapat wisata spiritual berupa petilasan tempat pertapa keluarga Kraton Ngayojokarto Hadiningrat yang sampai sekarang petilasan tersebut masih ada dan masih terawat, serta setiap tahun di gunakan untuk ajang Kompetisi Roket Nasional. Selain itu, terdapat model percontohan sistem inovasi daerah berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (solarcell) dan Angin (kincir angin).

Lokasi

Pantai Baru di Dusun Ngentak, Poncosari, Srandakan.

Pantai Baru - Bantul Yogyakarta

Aksesibilitas

Untuk mencapai pantai ini, sama seperti Pantai Kwaru, dari Yogyakarta Jalan Raya Bantul hingga Palbapang lalu belok ke kanan menuju Jalan Raya Srandakan. Terus saja hingga ketemu Jembatan Kali Progo. Ambil jalan ke kiri tepat sebelum jembatan Progo. Ikuti saja jalan aspal, hingga menemukan plang penunjuk arah Pantai Baru


Fasilitas

Pantai Baru lebih cocok untuk wisata keluarga. Menikmati kuliner beralaskan tikar di bawah rimbunnya pantai sementara anak-anak bermain ayunan atau mengendarai ATV berkeliling pantai. Selain itu bisa menjadi wisata edukasi bagi anak-anak, mengenal bagaimana kincir angin bekerja. Tersedia juga fasilitas kolam renang mini bagi anak-anak.


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Pantai Baru - Bantul Yogyakarta, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Pantai Di Yogyakarta
0 comments "Pantai Baru - Bantul Yogyakarta", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment