Pantai Congot - Kulon Progo Yogyakarta

Ditulis oleh:
Berikut ulasan mengenai Pantai Congot - Kulon Progo Yogyakarta. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keadaan alam yang begitu indah. Salah satunya adalah ribuan pantai indah yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi.

Pantai Congot adalah pantai wisata yang paling tepat dikunjungi setelah bertandang di Pantai Glagah. Kedua pantai itu berjarak sangat dekat dan dihubungkan oleh jalan beraspal halus yang bahkan cukup mudah ditempuh menggunakan sepeda.

Terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Pantai Congot menjadi pusat kegiatan warga sekitar yang menggantungkan hidup dengan mencari ikan.

Keindahan pemandangan bisa dijumpai bahkan selagi anda masih dalam perjalanan menuju pantai ini. Sepanjang jalan yang menghubungkan Wates dengan Pantai Congot, anda bisa bisa menyaksikan hamparan sawah hijau dan aktivitas warga desa di Kulon Progo yang umumnya menjadi petani. Seperti dataran dekat pantai di wilayah lain, jalan-jalan menuju Pantai Congot juga dihiasi oleh deretan pohon kelapa.

Pantai Congot memiliki pesona tersendiri dibanding pantai-pantai lainnya sebab nuansa nelayan dan perikanannya yang begitu kuat. Di sepanjang garis pantainya, anda bisa melihat aktivitas warga sekitar dan wisatawan lokal memuaskan kegemaran memancing. Di sudut lain, terdapat para nelayan yang tengah menjala ikan di tepi pantai, menghancurkan cangkang rajungan yang melekat di jala ataupun membersihkan perahu.

Begitu wisatawan memasuki obyek wisata pantai Congot, pertama anda membayar tiket, setelah itu ada akan terlihat hamparan pantai dan tempat parkir yang luas, serta terlihat sederet fasilitas yang ada. Wisata pantai selatan Jawa memang sangat terkenal, obyek wisata pantai Congot ini berada di muara sungai Bogowonto yang memiliki laguna yang indah sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan panorama pantai saat matahari terbenam terlihat mengagumkan sambil bersantai-santai melepaskan lelah dari aktivitas harian, terlihat nyaman apalagi rombongan bersama keluarga atau teman-teman dengan sambil pesta kecil-kecilan menjadikan kenangan yang tak terlupakan dan berfoto bersama.


Lokasi

Pantai Congot terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.


Akses

Lokasi Pantai Congot sangat mudah dijangkau karena selain kondisi jalannya yang sudah cukup baik, letak pantai ini juga tidak jauh dari jalan raya antar kota antar provinsi (kira-kira dengan jarak 2 kilometer), yakni Jalan Raya Wates. Jalan raya ini adalah jalur yang menghubungkan Kota Yogyakarta dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dan merupakan salah satu jalan utama menuju Jakarta atau jalur selatan Jawa.

Dari Kota Yogyakarta, terdapat dua alternatif rute perjalanan menuju Pantai Congot yang bisa Anda pilih. Pertama, tentu saja melalui Jalan Raya Wates yang merupakan jalur utama. Anda bisa memulai perjalanan dari Kantor Pos Besar. Dari jantung kota Kota Yogyakarta yang terletak sangat dekat dengan kawasan Malioboro dan Pasar Beringharjo tersebut Anda hanya harus mengikuti jalan raya lurus menuju ke arah barat kira-kira sejauh 40 kilometer. Setelah melihat papan yang menunjukkan arah ke Pantai Congot atau Pantai Glagah, beloklah ke kiri atau ke arah selatan. Ikuti jalan yang ada kira-kira sepanjang 1,5 kilometer, dan sampailah Anda ke lokasi pantai.

Jalur yang kedua adalah melewati rute selatan. Dari Kota Yogyakarta, Anda dapat meluncur ke arah selatan hingga ke Jalan Bantul. Susuri jalan raya tersebut hingga sampai di Palbapang. Setelah itu, ambil simpangan ke kanan atau ke arah barat yang menghubungkan Bantul dengan Purworejo. Di sepanjang jalan Bantul-Purworejo itulah banyak terdapat lokasi pantai wisata, termasuk Pantai Congot yang merupakan salah satu pantai yang berada di ujung barat Kabupaten Kulonprogo.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menumpang kendaraan umum. Dari Terminal Giwangan Kota Yogyakarta, misalnya, Anda disarankan untuk naik kendaraan umum (bus atau minibus) yang bertujuan ke Terminal Kota Wates. Setibanya di Terminal Kota Wates, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menumpang angkutan umum yang hendak menuju ke Pantai Glagah-Pantai Trisik-Pantai Congot.

Jika Anda enggan menunggu terlalu lama di terminal, ada baiknya Anda naik kendaraan umum Jogja-Wates yang sering mangkal di perempatan Wirobrajan (terletak tidak jauh dari Kantor Pos Besar ke arah barat) untuk sampai ke Terminal Kota Wates.


Harga

Sejak 1 Juli 2010, mulai diberlakukan perubahan dalam penarikan tiket masuk ke kawasan Pantai Congot, yaitu Rp. 2000,00 per orang, belum termasuk ongkos parkir. Sebelumnya, untuk masuk ke lokasi Pantai Congot, wisatawan tidak perlu membayar lagi karena sudah termasuk dalam paket retribusi tiket masuk ke Pantai Glagah.


Lokasi


Pantai Congot - Kulon Progo Yogyakarta

Aksesibilitas


Fasilitas


Tiket (Harga dapat berubah setiap waktu!)

Sekian artikel mengenai Pantai Congot - Kulon Progo Yogyakarta, yang dapat kalian jadikan acuan untuk berwisata.
Lihat juga:
Daftar Pantai Di Yogyakarta
0 comments "Pantai Congot - Kulon Progo Yogyakarta", Silahkan Masukkan Komentar:
Post a Comment